S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Bimtek e-Kelurahan Belimbing

Created on Friday, 20 May 2016 06:02:46

BONTANG (20/5). Dalam rangka mendukung Misi Walikota Bontang untuk mewujudkan Bontang Smart City, Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat secara proaktif mengimplementasikan misi tersebut dengan membangun aplikasi e-Kelurahan. Aplikasi e-Kelurahan terdiri dari  e-RT dan SIPUT (Sistem Informasi Pelayanan Utama Terpadu) yang berbasis web . e-RT adalah aplikasi yang digunakan oleh Ketua RT untuk pelayanan administrasi kepada warga RT sedang SIPUT adalah aplikasi yang digunakan oleh Kelurahan untuk menindaklanjuti permohonan administrasi dari Ketua RT melalui e-RT.

Tujuan dibangunnya e-Kelurahan adalah untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat dalam hal pengurusan administrasi di tingkat RT maupun Kelurahan. Dengan diterapkannya e-Kelurahan diharapkan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal dan sesuai dengan Visi Kelurahan Belimbing yaitu Terwujudnya Pelayanan Prima Kepada Masyarakat dan Terlaksananya Program-program Pemerintah serta Terciptanya Lingkungan Hidup yang Ternteram, Tertib, Hijau dan Lestari.

Untuk memberikan pemahaman dalam menggunakan aplikasi e-Kelurahan, khususnya aplikasi e-RT maka pada Kamis, 19 Mei 2016 diadakan Bimtek (Bimbingan Teknis) penggunaannya kepada Ketua RT Kelurahan Belimbing bertempat di Pendopo Kelurahan yang dihadiri oleh 50 orang Ketua RT. Bimtek diawali dengan penjelasan fitur-fitur yang ada di e-RT dilanjutkankan dengan praktek secara online pembuatan surat pengantar, surat keterangan dan fitur-fitur yang lain, sehingga diharapkan setelah mengikuti bimtek seluruh Ketua RT dapat menggunakan e-RT dalam melayani warga.  

Sebelum bimtek dilaksanakan, dalam sambutannya Lurah Belimbing. M. Ihsan S.STP menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta bimtek yang dengan penuh semangat perubahan serta antusias memenuhi undangan. Lebih lanjut disampaikan bahwa e-kelurahan ini adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan Belimbing dalam rangka mendukung program pemerintah menjadikan Bontang sebagai Smart City yaitu solusi berbasis teknologi digital yang mampu membuat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien sehingga membuat lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman.

"Untuk menggunakan e-RT maupun SIPUT yang berbasis web ini dapat melalui laptop maupun smartphone dengan mengakses website Kelurahan Belimbing dengan alamat http://belimbing.id dan bagi Ketua RT yang tidak sempat mengikuti bimtek ini dapat datang ke kelurahan untuk menerima bimbingan penggunaan e-RT dari staf kelurahan". Dan harapan saya ketika e-RT telah diterapkan adalah agar hubungan silaturrahim antar warga dengan Ketua RT tetap dijalin dengan baik" ujarnya.

Diakhir bimtek disepakati penerapan e-RT secara efektif akan dimulai pada 1 Juni 2016. Ketika ada warga yang memerlukan surat pengantar dari RT dapat langsung dilayani secara online, namun pengantar dari RT secara manual tetap dilayani.(/sto)

 

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id