S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Kerja Bakti RT-08 Untuk Mengantisipasi Menyebarnya Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Created on Sunday, 28 Aug 2016 08:25:03

RT-08, (28/08/2016). Untuk mengantisipasi menyebarnya wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan sesuai dengan himbauan dari Lurah Belimbing maka pada Minggu, 28 Agustus 2016 Warga RT-08 melaksanakan kerja bakti di area wilayah RT, khususnya di wilayah yang menjadi tempat kepentingan umum. Sejak pagi, 07.00 Wita Ibu-ibu dan Bapak-Bapak dengan semangat kerjasama yang tinggi dan penuh kekompakan membersihkan parit-parit dan sepanjang jalan Beringin Bawah untuk mengurangi tempat bertumbuh kembang biaknya nyamuk aedes aegypti, pembawa virus dengue. Selain melakukan kerja bakti, Ibu-ibu Warga RT-08 juga melakukan penanaman tumbuhan obat keluarga (toga) di lahan kosong. 

Menurut beberapa warga, kegiatan ini sangat bagus untuk dilaksanakan secara rutin, disamping untuk kebersihan lingkungan juga sebagai ajang silaturrahim. Ide-ide perbaikan di lingkungan RT dapat disampaikan secara informal. Untuk menindaklanjuti beberapa usulan dari warga, Ketua RT mengagendakan pada kerja bakti berikutnya untuk memotong pohon-pohon yang telah lapuk/tua untuk menghindari tumbang yang dapat membahayakan warga maupun bangunan yang ada disekitarnya. Kerja bakti diakhiri dengan menikmati sarapan pecel dan nasi kuning. Lingkungan bersih. Sehat di dapat. 

Saat ini Kota Bontang dalam status waspada tinggi atas penyakit DBD. Peningkatan status ini didasarkan pada tingginya angka penderita DBD yang terangkum laporan Diskes. Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat dua kali lipat dari 2015 lalu. Bahkan, dari data Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bontang, diketahui tahun ini merupakan kejadian tertinggi sejak 4  tahun terakhir, yakni 288 kasus di periode yang sama. 

Kasus DBD ditemukan di seluruh kelurahan Bontang. Daerah paling banyak warganya yang terinfeksi DBD di Kecamatan Bontang Barat, yakni Kelurahan Gunung Telihan dengan total kasus hingga 52. Menyusul wilayah tetangganya, Kelurahan Kanaan dengan jumlah 38 kasus. Sementara, dua kecamatan lainnya pun terdapat warga yang terinfeksi DBD. Untuk Kecamatan Bontang Utara, kejadian paling banyak ditemui di Kelurahan Api-Api dengan jumlah 36 kasus. 

Sedangkan di Kecamatan Bontang Selatan, paling banyak terjadi di Kelurahan Tanjung Laut 23 kasus DBD. Diprediksi jumlah penderita DBD bakal meningkat. Sebab dari grafis beberapa tahun belakangan, biasanya angka penderita DBD meningkat jelang akhir tahun.

Untuk itu Lurah Belimbing M.Ihsan menghimbau melalui  Ketua RT untuk waspada DBD, kepada warga yang mengalami demam tinggi selama dua hari, segera berobat ke rumah sakit. Selain itu, lakukan 3M plus kerja bakti di sekitar rumah dan lingkungan umum di masing-masing wilayah RT. (*/sto)

 

 

 

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id