S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Launching Senam Ibu Hamil dan e-Kelurahan Belimbing

Created on Saturday, 21 May 2016 09:52:18

BONTANG (21/5). Tata kelola pemerintahan yang baik ditandainya dengan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Dalam era digital saat ini tuntutan terhadap pelayanan yang efektif dan efisien merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung tata kelola pemerintahan, baik di tingkat nasional, provinsi maupun sampai tingkat terendah dari pemerintahan yaitu RT.

Menyikapi perkembangan yang begitu cepat tersebut Kelurahan Belimbing Bontang Barat telah membagun sistem online dalam melayani administrasi warganya dengan membangun e-Kelurahan. Dan pada Sabtu, 21 Mei 2016 penggunaan secara resmi e-Kelurahan dimulai dengan dilaunchingnya website Kelurahan Belimbing, e-RT dan SIPUT (Sistem Informasi Pelayanan Utama Terpadu)  oleh Walikota Bontang Hj. Neni Moerniaeni, Spog yang bersamaan dengan launching Senam Ibu Hamil serta dirangkai dengan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat. Launching diiringi dengan limpahan rahmat Allah Ar Rohman berupa gerimis yang membasahi Kota Bontang.

Hadir dalam launching ini antara Anggota DPRD Komisi-I Kota Bontang Ibu Yandri Dasa, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bontang, Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Camat Bontang Barat  Anwar Sadat, Perwakilan Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Pengurus PKK Tingkat Kota dan Kelurahan, Puskesmas Bontang Barat, Para Ketua RT Kelurahan Belimbing, Karang Taruna, Pengurus GSI (Gerakan Sayang Ibu), Relawan Pendonor Darah dan Masyarakat serta Tuan Rumah , Lurah Belimbing M. Ihsan S.STP, 

Lauching Senam Ibu Hamil dan e-Kelurahan yang dirangkai dengan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis  oleh Walikota diawali dengan laporan Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Abu Hasjim. Dalam laporannya Abu Hasjim menyampaikan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Kota Bontang dan elemen masyarakat yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan launching Senam Ibu Hamil dan e-Kelurahan ini. Tak Lupa Abu Hasjim menyampaikan pula terimakasih kepada para sponsor : PT. Ray Anjerah, Kopkar Pupuk Kaltim, PT Pupuk Kaltim, BPP-BTN, PT KNI, PT KMI, Bank Kaltim, Ibu Dr. Etha Rimba Paembonan, PT Maharani, PT PAMA, Ibu Yandri Dasa dan PT KPI.

Dalam laporan selanjutnya Abu Hasjim menyampaikan bahwa tujuan dari GSI adalah menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kualitas hidup mereka .GSI Kelurahan Belimbing terus berperan aktif dan berinovasi dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ibu dan anak  yang salah satunya adalah kegiatan senam ibu hamil. Pada kesempatan ini yang mendonorkan darahnya berjumlah sekitar 90 orang yang dilayani oleh Palang Merah Indonesia Kota Bontang dan 20 orang yang mengikuti senam ibu hamil.

Pada kesempatan ke dua dalam memberikan sambutan, Lurah Belimbing M. Ihsan S.STP melaporkan bahwa kegiatan senam ibu hamil merupakan kerjasama antara GSI Kelurahan Belimbing dan Puskesmas Bontang Barat dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Bontang yang akan dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Selasa di Kelurahan Belimbing. Sebelumnya juga telah dilaksanakan senam lansia sejak beberapa tahun yang lalu. Lebih lanjut Ihsan menyampaikan bahwa tujuan dari senam ibu hamil ini adalah sebagai sarana untuk sosialisasi dan penyuluhan dari puskesmas /Dinkes  Kota Bontang kepada ibu hamil sehingga diharapkan di Kelurahan Belimbing angka kematian ibu dan bayi dapat diminimalisir.

Selain senam ibu hamil Lurah belimbing juga melaporkan telah onlinenya sistem e-Kelurahan Belimbing dimana e-Kelurahan merupakan suatu sistem berbasis internet merupakan suatu sistem pelayanan online dalam rangka memberilan pelayanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien . e-Kelurahan terdiri dari 3 item yaitu website kelurahan, e-RT dan SIPUT . Website Kelurahan berisi informasi-informasi yang terkait dengan kegiatan-kegiatan yang ada di tingkat Kelurahan, RT maupun Kota Bontang , sedang e-RT adalah aplikasi online yang digunakan oleh Ketua RT untuk pelayanan administrasi kepada warga RT sedang SIPUT adalah aplikasi yang digunakan oleh Kelurahan untuk menindaklanjuti permohonan administrasi dari Ketua RT melalui e-RT.

Lebih lanjut M. Ihsan menyampaikan bahwa e-Kelurahan ini sangat mempermudah warga dan khususnya Ketua RT dalam melayani masyarakat secara online di mana pemerintah telah memfasilitasi Ketua RT dengan memberikan seperangkat peralatan untuk menunjang operasional yang terdiri dari meja, kursi, laptop dan printer melalui Prolita. Diakhir laporannya M. Ihsan menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah murni swadaya masyarakat dan kontribusi perusahaan-perusahaan yang ada di Bontang Barat.

Acara selanjutnya adalah sambutan Walikota Bontang Hj. Neni Moerniaeni. Di awal sambutannya Walikota menyatakan bahwa dengan jumlah penduduk 14.000 jiwa dan 51 RT merupakan potensi yang luar biasa dan wajar sekali  kalau di Kelurahan Belimbing ini sudah menerapkan sistem online. Sistem online ini merupakan salah satu wujud dari CSR dari perusahan-perusahaan yang ada disekitar wilayah Belimbing untuk itu Walikota sekali lagi menyampaikan terimakasih atas partisipasinya. Dengan sistem e-Kelurahan ini Walikota berharap Kelurahan Belimbing dapat memberikan pelayanan yang maksimal buat masyarakat.

Aplikasi e-Kelurahan ini sejalan dengan Program Pemerintah Kota Bontang yang mempunyai Visi Menguatkan Kota Bontang sebagai Kota Maritim, Berkebudayaan Industri  yang Bertumpu pada Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Lingkungan Hidup yang Baik untuk Kesejahteraan Masyarakat dengan 3 Misi Utama yaitu Smart City, Green City dan Creative City. 

Menyinggung mengenai GSI Walikota mengingatkan kepada para ibu bahwa GSI telah digaungkan di Kaltim ini sejak tahun 1987 dimana ketika itu setiap tempat pelayanan ibu hamil di setiap puskesmas ada satu lagu yang diperdengarkan untuk mengingatkan peran para ibu bahwa lagu tersebut besar maknanya bagi para ibu yaitu untuk memberikan ASI kepada bayinya. Untuk menyemangati para hadirin khusus nya para ibu, Walikota mengajak para hadirin untuk menyanyi dan berharap lagu ini bisa diperdengarkan ketika ada kegiatan senam ibu hamil dan pemeriksaan ibu hamil di Puskesmas.

Wahai Ibu-ibu
Dengarkan seruanku
Berikanlah dari anda
Air susu ibu

ASI sangat bergizi
ASI
 bermanfaat
ASI
 sangat bergizi
ASI
 karunia ilahi

Diakhir sambutannya Walikota menyampaikan terimakasih pada apa yg telah dilakukan oleh Kelurahan Belimbing yaitu launching Senam Ibu hamil dan e-Kelurahan yang memadu serasikan dengan kegiatan bulan bhakti gotong royong. Setelah menyaksikan demo e-Kelurahan, Walikota secara simbolis menyerahkan perangkat yang menunjang operasional e-Kelurahan kepada Ketua Forum RT, Kentut Setyo Pambudi dan selanjutnya meninjau kegiatan senam Ibu Hamil dan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat secara gratis. (*/sto)

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id