S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Pemilihan Ketua RT-08 Periode 2017-2019

Created on Saturday, 05 Nov 2016 21:20:32

BELIMBING-Dalam rangka menjalankan demokrasi di tingkat paling bawah struktur pemerintahan, warga RT 08 Kelurahan Belimbing Komplek BTN Pupuk Kaltim Bontang pada Sabtu, 05 Nopember 2016 melaksanakan pemilihan Ketua RT. yang baru sehubungan dengan masa bakti Ketua RT periode 2014-2016 yang saat ini dijabat oleh Suwito akan berakhir pada 31 Desember 2016.

Pelaksanaan Pemilihan Ketua RT tesebut di atas sesuai surat edaran Lurah Belimbing No. 081/229/KEL.BLBG Tanggal 11 Oktober 2016 tentang Pelaksanaan Pemilihan Ketua RT Periode 2017-2019 yang mengacu kepada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010, tanggal 4 Agustus 2010, tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan di tingkat Kelurahan.

Proses Penghitungan Suara oleh Tim Formatur

Pemilihan Ketua RT ini dilaksanakan oleh formatur yang diketuai oleh Ketua RT dengan sistem pemilihan berdasarkan konvensi yang telah menjadi tradisi di RT-08 yaitu kandidat Ketua RT periode berikutnya adalah sesuai dengan giliran Blok perumahan yang ada di RT-08.

RT-08 terdiri dari 3 blok perumahan, yaitu Blok-I, Blok-J dan Blok-K-Atas serta Blok K-Bawah. Maka sebagai kandidat Ketua RT-08 periode 2017-2019 adalah warga Blok-J. Adapun kandidatnya adalah sebagai berikut : 1. Sutiman Rusdiyanto, 2. Alexander Saranga Mangoppo, 3. Guruh Irlangga, 4. Suyanto, 5. Teguh Krisno Widodo, 6. Ahmad Faqih Rosyadi, 7. Handono Agung Bhirawa dan  8. Wingo Wira Dewanatan.

Pada kesempatan pemilihan Ketua RT-08 yang diadakan di perempatan jalan Cendana BTN PKT kali ini dihadiri oleh Lurah Belimbing M. Ihsan, S.STP dan Kasi PMKS Kelurahan Belimbing, Iswanta.

Ketua RT Terpilih Periode 2017-2019, Bapak Sutiman Rusdiyanto (ketiga dari kiri)  didampingi Tim Formatur dan Kasi PMKS Kelurahan Belimbing, Iswanta

Acara pemilihan Ketua RT diawali dengan senam kesegaran jasmani dan jalan sehat dengan rute sekitar perumahan BTN, dilanjutkan ramah tamah dan kemudian dilakukan penghitungan suara, dimana sebelumnya warga telah menentukan pilihannya dengan memilih salah satu kandidat. Dari sekitar 220 orang  warga yang berhak menggunakan hak pilihnya,  hanya 105 orang yang berpartisipasi.

Sebelum penghitungan suara , Ketua RT-08, Suwito memberikan sambutannya :” Mekanisme pemilihan Ketua RT di RT-08 sudah mempunyai tradisi yang cukup baik dan diterima oleh seluruh warga, yaitu Ketua RT berikutnya adalah warga dari Blok yang mendapat giliran, dan sekarang saatnya warga Blok-J yang akan menjadi Ketua RT periode 2017-2019."Saya sangat berterimakasih atas partisipasi dari seluruh warga RT-08 dalam pemilihan Ketua RT ini. Saya mohon juga agar siapapun Ketua RT nya nanti seluruh warga memberikan dukungan terhadap program-program kerja RT yang baru. Dan saya memohon maaf apabila dalam menjalankan tugas sebagai Ketua RT ada hal-hal yang kurang berkenan."


Ketua RT bersama Ibu-Ibu Warga RT-08 yang telah mensukseskan pelaksanaan pemilihan Ketua RT

Sambutan berikutnya disampaikan oleh, Lurah Belimbing M. Ihsan, S.STP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih atas undangan RT-08 dalam rangka pemilihan Ketua RT. :” RT-08 cukup kreatif dalam melaksanakan pemilihan RT, yaitu secara bergilir per Blok walaupun sebenarnya dalam Peraturan Pemerintah Kota Bontang, tidak ditentukan harus satu periode, tetapi bisa dipilih kembali, bahkan sampai berkali-kali, bahkan bisa sampai seumur hidup”. 

Tetapi memang secara teknis pelaksanaan pemilihan Ketua RT ini diserahkan kepada masyarakat mekanismenya namun tetap mengacu kepada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010, demikian Lurah Belimbing di awal sambutannya.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan kepada Ketua RT terpilih untuk segera menyusun struktur organisasi RT dan untuk difungsikan sesuai dengan tugas masing-masing, yang nantinya akan membantu Ketua RT dalam menjalankan operasional sehari-hari.

Terkait barang-barang inventaris RT terutama yang berasal dari Prolita  Lurah Belimbing juga menghimbau untuk memaksimalkan pemanfaatannya dan memelihara dengan baik.

Informasi sekitar pemekaran Kelurahan Belimbing pun disampaikan beliau kepada warga, “ Kelurahan Belimbing nantinya akan dimekarkan menjadi 2 Kelurahan, ini adalah konsekuensi dari Kota Bontang, di mana suatu kota itu minimal memiliki 4 Kecamatan, sedangkan Bontang saat ini baru memiliki 3 Kecamatan. Untuk itu akan dibentuk 1 kecamatan lagi yaitu Kecamatan Bontang Timur”.

“ Dan tentunya konsekuensinya lagi adalah bahwa setiap Kecamatan itu minimal harus ada 5 Kelurahan, sehingga Kelurahan Belimbing adalah salah satu kelurahan yang akan dimekarkan menjadi dua kelurahan, yaitu Kelurahan Belimbing dan Kelurahan Bukit Sintuk. Kelurahan Bukit Sintuk ini nantinya wilayahnya adalah sekitar Km-3. Batasnya mulai dari perumahan Pesona Bukit Sintuk, KM-3, Simpang Tiga RS PKT. Pemekaran Kelurahan ini adalah salah satu upaya dari Pemerintah Kota Bontang untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan lebih efektif dan efisien”.

Setelah pemekaran kecamatan nanti, in syaa Allah pada pertengahan tahun 2017 setelah mendapat persetujuan dari DPRD Bontang, Kelurahan Belimbing akan bergabung ke Kecamatan Bontang Utara. Dan dampaknya antara lain akan dicetak kembali KTP warga untuk menyesuaiakn dengan perubahan yang ada oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang.

Terkait e-RT ataupun e-Kelurahan M. Ihsan menyampaiakn bahwa Tujuan dibangunnya e-RT/e-Kelurahan adalah untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat dalam hal pengurusan administrasi di tingkat RT maupun Kelurahan. Dengan diterapkannya e-Kelurahan diharapkan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Diakhir sambutannya Lurah Belimbing menyampaikan selamat kepada Ketua RT terpilih dan berharap dapat menjalankan amanat yang dipercayakan dengan menjalankan program-progam RT maupun program-progarm Kelurahan Belimbing dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya adalah memasuki acara inti yaitu penghitungan suara pemilihan Ketua RT-08 periode 2017-2019. Dari sekitar 220 warga RT-08 yang berhak memilih, 105 warga yang menggunakan suaranya. Dan berikut adalah hasil penghitungan suara.

1.    Sutiman Rusdiyanto : 49 suara
2.    Teguh Krisno Widodo : 40 suara
3.    Ahmad Faqih Rosyadi : 8 suara
4.    Handono Agusng Bhirawa : 5 suara
5.    Alexander, Guruh Irlangga dan Wingo masing-masing mendapat satu suara
6.    Suyanto : 0 suara
7.    Suara tidak sah : 3 suara

Suara Sah : 105,  Suara Tidak Sah : 3 . Total Surat Suara : 108

Dari hasil tersebut, maka ditetapkan Sutiman Rusdiyanto sebagai Ketua RT-08 periode 01 Januari 2017 - 31 Desember 2019 menggantikan Suwito Ketua RT Periode 2014-2016 yang pengabdiannya akan berakhir pada 31 Desember 2016.

Sedangkan pembentukan pengurus RT-08 masa Periode 2017-2019 akan dilakukan oleh Ketua RT terpilih selambat-lambatnya satu minggu setelah penghitungan suara.

Selamat bekerja bagi jajaran pengurus RT-08 yang baru, semoga dapat melaksanakan amanat yang diemban dengan sebaik-baiknya.

Pembagian Doorprize

Sebelum acara ditutup, dibagi doorprize kepada setiap kepala keluarga/undangan yang hadir .(*/sto)

 

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id