S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Rangsang Warga Ikut Berpartisipasi

Created on Wednesday, 24 Dec 2014 00:00:00

BONTANG – Mendapat gelar Best Partisipasi Masyarakat atau yang akrab dengan sebutan Program Rp 50 juta per RT (Prolita) merupakan satu penghargaan bagi Kelurahan Belimbing. Hal tersebut, bukanlah banyaknya upaya dari kelurahan untuk meraih gelar. Melainkan rangsangan yang diberikan pihak kelurahan kepada seluruh warganya agar dapat ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan.

“Kami tidak pernah mengupayakan apapun, tetapi semua partisipasi masyarakat yang didapat berkat rangsangan dari Prolita itu sendiri,” jelas Arif, Lurah Belimbing saat ditemui, Jumat (29/5).

Menurutnya, semua pasrtisipasi yang didapat dari warganya berkat kesadaran masing-masing warganya. Sebab, tidak hanya berupa materi yang mereka berikan, melainkan barang, makanan, tenaga hingga lahan. Dengan contoh pada pembangunan balai pertemuan milik RT 12 Kelurahan Belimbing. Dari satu RT dapat diraih partisipasi masyarakat dalam bentuk materi senilai Rp 30 juta. Dan hal itu merupakan kesadaran masyarakatnya tanpa paksaan siapapun.

“Berkat Ketua RT nya juga, sebab beliau (ketua RT, Red) yang memiliki gagasan untuk mengubah fasilitas umum(ex gardu genset) yang vakum menjadi balai pertemuan RT,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bukan hanya materi yang didapatkan, melainkan beragam macam. Diantaranya bibit tanaman, tempat sampah, pot bunga, buku bacaan dan lain sebagainya. Bahkan, dengan adanya balai pertemuan yang dibuat dari dana Prolita, memberikan dampak yang sangat banyak bagi warga sekitar. Seperti membuat warga jadi berpola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan menjadikan pemukiman yang sehat. Hingga mendapatkan beberapa prestasi, misalnya Juara 1 lomba kebersihan tingkat kota di tahun 2012 dan 2013. Juga 1 anugrah RT sehat sekota Bontang.

Tidak hanya di RT 12, partisipasi warga juga banyak diberikan di RT 27 dan RT 39 berupa lahan untuk posyandu. RT 44 lahan untuk menara tandon, bibit tanaman di RT 07 dan RT 39, juga RT 12. Uang untuk balai pertemuan di RT 07 dan perlengkapan kegiatan kerja bakti di RT 42 dan RT 50. Sehingga apabila ditotalkan mencapai Rp 80 juta.

“Banyak keunggulan dari balai pertemuan yang dibangun melalu prolita semisal adanya pojok baca, taman hidroponik, lapangan olah raga, area penghijauan juga gudang penyimpanan barang inventaris RT hasil dari Prolita,” beber Arif.

Arif juga mengatakan bahwa balai pertemuan  RT 12 Kelurahan Belimbing hingga diresmikan Walikota Adi Darma. Dia pun selalu melakukan kegiatan yang sifatnya merangsang atau stimulan. Dan diharapkan semua di setiap RT nya masing-masing dapat terdorong untuk memberikan tambahan agar usulan dapat segera terealisasi.

“Swadaya masyarakat memang tergerak dengan sendirinya, dan itu berkat ide atau gagasan dari para Ketua RT nya masing-masing,” tutupnya. (*/mga)

Sumber : Bontangpost.co.id

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id