S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

Usung Konsep Belimbing Green Office, Sediakan Pojok Merokok Hingga Laktasi

Created on Monday, 24 Nov 2014 00:00:00

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah lama didengungkan Pemkot Bontang. Hal ini memotivasi pegawai Kantor Lurah Belimbing, Kecamatan Bontang Barat berinovasi mendandani kantor pelayanan publik tersebut agar PHBS bisa dilaksanakan maksimal.

KANTOR Lurah  Belimbing mempersiapkan 5 fasilitas unggulan dalam penerapan PHBS. Bahkan, kantor ini mengusung konsep Belimbing Green Office.
Belimbing Green Office ini diakui Lurah Belimbing, Arif Supriyadi tercipta sejak Januari lalu. Melalui saran Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemadam Kebakaran (DKPP) Bontang, pembenahan kantor masih terus dilakukan demi pelayanan maksimal.

Saat ini, kata Arif, baru 5 fasilitas green office yang disediakan di Pendopo Kantor Lurah Belimbing. Dia menjabarkan, sarana cuci tangan atau wastafel merupakan salah satu konsep PHBS yang diterapkan di kantornya. Wastafel tersebut berada di dua titik sekitar halaman kantor, lengkap dengan sabun pencuci tangannya.

Selain itu, kelurahan juga menyediakan ‘pojok merokok’ seluas 2,5 x 2,5 meter di sudut kanan pintu masuk Pendopo Kantor Lurah Belimbing. Sejak Januari 2014 lalu, peraturan dilarang merokok di area kantor mulai diaktifkan. Selain bertujuan untuk menjaga hak para perokok pasif (bukan perokok, Red.), kebebasan para penikmat rokok pun tidak perlu lagi terusik. Kelurahan juga memberikan fasilitas penunjang berupa televisi, kursi santai, dan satu set dispenser beserta air isi ulangnya.

Fasilitas pendukung PHBS lainnya yaitu menyediakan tempat sampah berdasarkan pemilahan jenisnya. Masing-masing tempat sampah memiliki tiga jenis pilihan pemilahan sampah mulai dari sampah organik, anorganik, dan sampah logam. Setiap tempat sampah memiliki warnanya sendiri.

“Untuk sampah organik berwarna hijau, warna biru melambangkan sampah anorganik, sedangkan sampah logam ditandai kuning,” jelas Arif.

Dikatakan Arif, dengan mengusung tema Belimbing Green Office, penghijauan area kantor semakin dimaksimalkan. Terutama pada lahan kosong di sekitar kantor dengan menanaminya tumbuhan buah-buahan atau jenis tumbuhan hijau lainnya. Hingga saat ini penambahan bibit masih terus dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Bibit tanaman tersebut tidak hanya dibeli dari anggaran kas kelurahan. Sebagian di antaranya diperoleh dari bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Pupuk Kaltim (PKT). Uniknya, sebagian bibit lainnya didapat dari sumbangan warga Belimbing yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Setiap tiga bulan sekali, kami punya jadwal rutin razia KTP khusus warga Belimbing. Sanksi bagi warga yang tidak memiliki KTP yakni harus melaporkan diri kepada ketua RT setempat dan menyetorkan 2 bibit tanaman produktif pada pihak kelurahan.  Kami tidak menerima uang, gantinya dengan menyumbangkan bibit sekaligus berpartisipasi menghijaukan kantor,” ujarnya.

Pendukung green office lainnya yaitu dengan penyediaan sarana sanitasi berupa toilet di area bank sampah, pondok gerakan sayang ibu (GSI), Posyandu Anggrek, dan posyandu lansia di sebelah Kantor Lurah Belimbing. Jika sebelumnya hanya memiliki 3 toilet, kini bertambah satu unit toilet sehingga jumlahnya menjadi empat.

Tak hanya itu, pihaknya juga menambahkan satu pojok laktasi bagi ibu-ibu menyusui. Tujuannya memberikan kenyamanan bagi si ibu yang akan menyusui saat sedang mengurus keperluan ke Kantor Lurah Belimbing. Hak anak untuk mendapatkan ASI pun tak terbengkalai sewaktu mengurus administrasi.

Saat ditanya berapa anggaran yang dikeluarkan, dia mengatakan sekira Rp 15 juta lebih. Namun, ada beberapa pengadaan fasilitas yang menggunakan dana bantuan CSR dan sumber lainnya. “Saya berharap konsep green office ini dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya. Terutama fasilitas pemilahan sampahnya. Dengan terus mengimbau para ketua RT, ibu-ibu majelis taklim, dan warga Belimbing, konsep ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tandasnya. (hms/id)

Sumber : Bontangpost.co.id

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id