S U R A T   E D A R A N

Menghadapi fonomena  Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah terjadi diwilayah Kota Bontang dan dimana Kota Bontang dalam status DARURAT DBD , maka dirasa perlu adanya suatu upaya preventif untuk mengantisipasi  hal tersebut, maka dengan ini kami mengharapkan bantuan Ketua RT untuk memberitahukan dan menginstruksikan kepada warganya agar  melaksanakan upaya pencegahan terhadap bahaya wabah demam berdarah tersebut, dengan hal-hal sebagai berikut : Klik Surat Edaran

 

WASPADA!!! Dalam 4 Bulan, Ditemukan 44 Kasus DBD di Bontang

Created on Saturday, 28 Apr 2018 00:00:00

Musim hujan menjadi sarana berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah dengue (DBD) pun kembali mengancam warga Kota Taman.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan-Keluarga Berencana (Diskes-KB) Kota Bontang, Kelurahan Tanjung Laut tercatat paling banyak diserang kasus DBD. Sementara hingga 26 April 2018, angka penderita DBD di Kota Bontang sudah ditemukan 44 kasus. Nur Ilham, Pengelola Program DBD Diskes-KB mengatakan, angka tersebut masih tergolong kategori aman. Diskes-KB memakai pola maksimal dan minimal dalam memantau perkembangan kasus DBD. Jika ditinjau dari tahun 2014 maka dikategorikan perlu penanganan serius pada bulan April bila mendekati angka 34 kasus.

“Ini masih dalam posisi aman, dikarenakan belum mencapai pola maksimal dari tahun 2014 sampai 2017,” kata Ilham.

Berdasarkan data, jumlah penderita DBD di Kelurahan Tanjung Laut merupakan terbanyak. Dari Januari hingga April, tercatat 14 kasus. Di posisi kedua, Kelurahan Api-Api dengan 7 kasus. Akan tetapi, pada bulan ini, jumlah penderita DBD terbanyak dipegang oleh Kelurahan Gunung Telihan.

Meskipun angka penderita masih kecil, Ilham berharap masyarakat tetap menjaga lingkungan. Terutama memperhatikan tempat-tempat yang dijadikan sarang nyamuk Aedes Aegypti. Mengingat Bontang saat ini kerap diguyur hujan.

“Masyarakat harus harus waspada tempat-tempat berkembangnya jentik nyamuk yang biasanya terlupakan seperti vas bunga, tatakan dispenser, talang air, botol dan kaleng bekas, serta tempat minuman hewan peliharaan,” papar Ilham.

Diskes-KB telah melakukan sosialisasi ke tiap kelurahan guna mengajak masyarakat mengantisipasi melalui gerakan mengubur sampah, menutup tempat penampungan air, dan menguras bak mandi (3M). Harapannya dari sosialisasi tersebut bisa dilanjutkan ke tingkat rukun tetangga (RT).

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat memberikan abate di tempat penampungan air. Untuk memperolehnya, warga bisa mengambil di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat. “Itu tanpa dipungut biaya alias gratis,” tuturnya.
Disinggung mengenai pelaksanaan pengasapan (fogging), saat ini Diskes-KB hanya menerapkan fogging fokus. Dalam artian, apabila lokasi penderita yang positif terjangkit DBD terdapat gejala penambahan penderita maka akan dilakukan jenis fogging tersebut. Dikatakannya untuk jenis fogging massal (serentak, Red.) urung dilakukan mengingat angka DBD belum menunjukkan grafik yang meningkat drastis. “Bila ada tetangga penderita yang gejala DBD seperti demam, maka kami akan fogging,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama Rumah Sakit Islam Yabis Bontang (RSIB), dr Hari Prasetyo mengatakan, belum ada pasien positif terjangkit DBD di rumah sakit yang ia pimpin. Namun ada sekitar 2 orang yang masih dikategorikan suspect DBD. “Di rumah sakit kami hanya ada suspect DBD saja, kalau yang positif tidak ada,” tukas Hari. (ak)

 

Sumber : bontangpost.id

Foto Berita

14 Aug 2016

 

Misi Kelurahan Belimbing :
1.    Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Aparatur Kelurahan.
2.    Meningkatkan Koordinasi dengan Instansi Terkait dan Lembaga Kemasyarakatan.
3.    Mengembalikan dan Menjaga Kondisi Lingkungan Hidup Sesuai dengan Fungsinya.

 

Pengumuman

  • Informasi Program Kelurahan
  • Pengumuman Kelurahan

Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan Kelurahan Belimbing
 

Join Us!

Mari bergabung di Sosial Media Kelurahan Belimbing

Stay Connected on:

Tentang Kami

Kelurahan Belimbing merupakan wilayah administratif dengan luas wilayah 872 Ha mempunyai 51 RT, jumlah penduduk sekitar 13.001 jiwa per Mei 2016.

Kantor Kelurahan

Kelurahan Belimbing
Jl Abdul Rauf No. 40 BTN PKT 
Bontang 75313 Kalimantan Timur
+62 548 25356
+62 548 25358

E-mail
admin@belimbing.id